FITUR KEAMANAN AUTENTIKASI CUSTOMER

Fitur Impian m-banking merupakan fitur yang dibutuhkan pengadaannya oleh para customer perbankan, dengan adanya terobosan pada fitur m-banking, customer akan merasa lebih nyaman memakai jasa bank juga dengan adanya fitur yang baru perbankan tidak akan ketinggalan modernisasi oleh perusahaan keuangan yang bukan bank.    

 Pengembangan fitur Mobile Banking (m-Banking) menjadi suatu keharusan dalam industri perbankan modern. karena customer memerlukan pelayanan yang cepat, efisien dan aman jadi perbankan wajib mengembangkan fiturnya dalam mobile banking supaya customer tidak pindah ke bank lain yang pelayanannya lebih baik. Fitur Impian atau fitur yang saya ingin ada pada mobile banking adalah fitur autentikasi dengan pengenalan tubuh nasabah (customer) dengan adanya fitur ini saya yakin keamanan data dan keuangan nasabah akan aman.

   Menurut DPD RI Akhmad Muqowam mengungkapkan tingkat kejahatan siber di Indonesia masuk dalam peringkat kedua di dunia setelah Ukraina, kejahatan siber atau kejahatan dunia maya di indonesia banyak yang bertujuan untuk mencuri data dari perbankan dan aplikasi m-banking merupakan target umum para penjahat siber ini, penyedia layanan harus lebih memperhatikan fitur keamanan selama pendaftaran atau orientasi aplikasi m-banking nya misalnnya dalam hal autentikasi sehingga peretas atau penjahat dunia maya akan susah untuk masuk ke akun nasabah.

    Dalam pengoperasiannya fitur autentikasi bisa menggunakan mata ataupun sidik jadi untuk mengautentikasi nasabah seperti berikut.

    Jadi nasabah yang akan masuk atau login ke m-banking mereka akan melalui suatu proses autentikasi tubuh, seperti mata ataupun sidik jari sesuai gambar di atas  jadi ketika pengenalan wajah atau sidik jari tidak sesuai akun tidak bisa login masuk.Selain itu untuk menyeimbangkan keamanan dan pengalaman pengguna selama proses autentikasi teknologi ini juga mencegah penipuan identitas.

 

Muhammad Umar Sholeh

2105036100

PBAS C5

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini