Definisi Lalu Lintas Pembayaran Internasional

Dalam transaksi perdagangan internasional, tentu saja tidak akan terlepas dari sistem pembayaran internasional. Sistem pembayaran internasional diperlukan karena negara-negara yang melakukan perdagangan internasional pasti memiliki mata uang berbeda. Secara umum, pengertian pembayaran internasional adalah kegiatan-kegiatan dalam hubungan internasional yang menimbulkan hak dan kewajiban. Sedangkan sistem pembayaran internasional adalah metode yang digunakan untuk menyelesaikan transaksi perdagangan internasional. Dalam transaksi perdagangan internasional, sistem pembayaran yang dilakukan lebih kompleks. Selain dikarenakan perbedaan mata uang, pembayaran internasional juga dipengaruhi oleh jauhnya jarak antara para pihak yang bertransaksi. Oleh karena itu, dalam berbagai macam cara pembayaran internasional, manusia mengandalkan jasa- jasa dari perbankan. Definisi dari pembayaran Internasional ialah pembayaran atas transaksi yang dilakukan oleh Negara-negara yang terlibat dalam perdagangan internasional berdasarkan kesepakatan yang telah dirundingkan sebelumnya, Pembayaran dalam berdagangan internasional pada umumnya dilaksanakan melalui bank. Bagi pebisnis, terutama export import, pengetahuan mengenai cara pembayaran adalah sangat penting. 

Lalu Lintas Pembayaran adalah gerak bolak-balik kepemilikan/ penguasaan barang atau uang sebagai alat tukar dari si pembayar kepada penerima. Jadi, lalu lintas pembayaran Internasional adalah gerak bolak-balik kepemilikan/ penguasaan barang atau uang sebagai alat tukar dari si pembayar kepada penerima atas transaksi yang dilakukan oleh Negara-negara yang terlibat dalam perdagangan internasional berdasarkan kesepakatan yang telah dirundingkan sebelumnya.

Alat Pembayaran Internasional

Dalam melakukan transaksi atau pembayaran ke luar negeri maka diperlukan alat pembayaran luar negeri yang disebut devisa. Berdasarkan sumber perolehannya maka devisa dibedakan menjadi 2 yakni :

Devisa Umum : Merupakab devisa yang diperoleh dari hasil ekspor barang maupun dari pinjaman jasa transfer.

Devisa Kredit : Devisa ini berasal dari kredit (pinjaman) luar negeri.

Adapun alat untuk melakukan pembayaran internasional yang umumnya digunakan diantaranya, yaitu :

Uang tunai

Uang tunai yang dimaksud ialah uang tunai yang lazim dipergunakan untuk membayar yaitu pembayaran yang menggunakan mata uang negara dalam bentuk uang kertas atau uang logam koin yang dibayarkan oleh penerima barang atau jasa kepada penjual.

Barang

Barang dapat juga dipergunakan sebagai alat bayar, misalnya seperti hasil kekayaan alam dan sejenisnya. Besar atau kecilnya barang yang akan diserahkan sesuai dengan nilai uang yang harus dibayar.

Emas

Emas juga dapat dipergunakan sebagai alat pembayaran. Pada prinsipnya pembayaran dengan emas sama dengan pembayaran dengan menggunakan barang.

Wesel

Wesel (bill of exchange) merupakan surat perintah dalam bentuk tertulis guna untuk membayar sejumlah uang kepada orang tertentu pada tanggal jatuh temponya.๐Ÿ‘€๐Ÿ‘จ๐Ÿ‘€๐Ÿ‘€๐Ÿ˜•๐Ÿ˜พ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FITUR KEAMANAN AUTENTIKASI CUSTOMER